Nama Jenis Lovebird Berdasarkan Wana dan Harganya !

Posted on

Jenis Lovebird – Lovebird atau disebut dengan burung cinta merupakan burung mini yang memiliki warna cantik dan indah. Variasinya warnanya pun sangat banyak dan beragam. Wajar saja peminat lovebird semakin hari semakin meningkat secara signifikan. Selain warnanya yang menarik suara lovebird ngekek sangat unik.

Sebenarnya lovebird hanya terbagi ke dalam 9 jenis saja diantaranya adalah  Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis), Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Fischer (Agapornis fischeri), , Lovebird Madagaskar (Agapornis cana), Lovebird Topeng (Agapornis personata), , dan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana).

Namun saat ini jenis-jenis lovebird semakin berkembang pesat. Banyak sekali para penghobi kicau yang kemudian mengembangbiakan lovebird dengan mengawinkan beberapa jenis yang berbeda untuk menghasilkan lovebird dengan warna yang langka.

Semakin langka warna yang dimiliki oleh burung lovebird maka semakin mahal harga jualnya. Dengan dilakukannya perkawinan antara jenis lovebird yang berbeda inilah yang kemudian menghasilkan burung lovebird dengan warna yang sangat unik.

Jenis lovebird yang paling mahal hingga saat ini adalah jenis lovebird Parblue atau lovebird partial blue. Lovebird jenis partial blue memiliki warna yang sangat cantik dan langka sehingga dibenderol dengan harga yang sangat mahal yakni sekitar 15 jt hingga 20 jt per ekornya.

Jenis – jenis Lovebird Paling Cantik Beserta Gambarnya

Untuk lebih jelasnya mimin akan memberikan ulasan tentang nama dan jenis lovebird berdasarkan warnanya. Supaya lebih mudah untuk membedakannya mimin akan memberikan lengkap dengan gambarnya.

Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Jenis lovebird yang pertama adalah Lovebird Muka Salem. Lovebird Muka Salem atau dengan nama ilmiah Agapornis roseicollis merupakan jenis lovebird yang paling mudah ditemui pada daerah selatan benua Afrika, Namibia, dan Angola.

Lovebird muka salem memiliki bentuk tubuh yang menawan. Pada bagian tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan. Umumnya, bulu dahi dan bagian belakang mata berwarna merah. Kemudian pada bagian pipi, leher, dan dada memiliki warna pink. Untuk bagian sayap Lovebird Muka Salem berwarna hijau, tapi bagian ujungnya berwarna kebiruan.

Lovebird Topeng (Agapornis personata)

Lovebird Topeng (Agapornis personata)

Penamaan lovebird biasanya disesuaikan dengan warnanya oleh karenanya Lovebird Topeng memiliki wajah yang mirip dengan topeng yakni memiliki warna gelap di bagian muka. Lovebird topeng pertama kali ditemukan di wilayah Timur Laut Tanzania.

Burung lovebird jenis ini kemudian pertama kali dibudidayakan di daerah Kenya. Pada tubuh Lovebird Topeng memiliki warna hijau yang dominan dengan warna kuning pada bagian dada. Untuk lovebird jenis ini sangat sulit sekali mebedakan jenis kelaminnya karena sangat mirip antara jantan dan betina.

Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Nyasa atau yang disebut juga dengan Lovebird Lilian merupakan salah satu jenis lovebird yang memiliki warna tubuh hijau dengan variasi warna merah kekuningan pada bagian kepala. Burung jenis ini jika disilangkan dengan lovebird lain akan menghasilkan mutasi yang sangat unik dan langka. Lovebird Nyasa dapat sobat temukan pada kawasan Tanzania, Mozambik, Malawi, Zambia tenggara dan Zimbabwe Utara.

Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Burung Lovebird Pipi Hitam atau yang memiliki warna latin angapornis nigrigenis merupakan jenis lovebird dengan warna tubuh hijau serta kombinasi hitam pada bagian pipinya. Burung lovebird jenis ini sangat mirip dengan Lovebird Topeng jika dilihat sekilas.

Jika dilihat lagi dengan seksama lovebird pipi hitam hanya memiliki warna hitam bagian pipinya saja. Sedangkan pada bagian tubuhnya, hampir keseluruhan berwarna hijau kekuning-kuningan. Burung jenis ini tinggal pada habitat hutan gugur di dekat perairan. Sobat dapat menemukan burung lovebird jenis ini pada wilayah Zambia serta air terjun Victoria, Zimbabwe.

Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebird Fischer adalah jenis lovebird yang memiliki warna yang sangat cantik. Burung ini pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer yang berkebangsaan Jerman. Secara visual burung ini nampak sangat indah dengan kombinasi warna cerah yakni merah, hijau, kuning dan juga orange.

Apabila sobat ingin menemui lovebird jenis ini, sobat dapat berkunjung ke habitat aslinya di wilayah Afrika khususnya di bagian timur, tengah, selatan, tenggara, atau sobat juga dapat menemuinya di danau Victoria Tanzania Utara.

 Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Burung cinta yang berwarna hijau ini disebut dengan Lovebird Abisinia. Meski tidak memiliki banyak kombinasi warna, burung ini memiliki kelebihan lain yakni dari postur tubuhnya yang paling besar jika dibandingkan dengan lovebird lainnya.

Lovebird Abisinia memiliki warna utama hijau dengan kombinasi warna orange kemerahan pada bagian paruh dan sekitarnya. Sobat dapat menemukan lovebird abisinia padawilayah selatan Eritrea hingga barat daya negara Ethiopia.

Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Jika sobat telah mengetahui bahwa Lovebird Abisinia merupakan lovebird yang memiliki ukuran paling besar. maka lovebird madagaskar merupakan jenis Lovebird yang paling kecil. Meski memiliki ukuran yang mungil namun dari segi warnanya, Lovebird madagaskar merupakan salah satu yang paling cantik dan paling mimin sukai.

Burung cinta dengan ukuran mini ini hanya memiliki berat sekitar 30 gram. Selain itu, jenis Lovebird yang satu ini juga sangat mudah dikenali karena hanya memiliki kombinasi warna hijau dan abu-abu saja. Burung ini sangat sulit ditemukan di Indonesia karena dia tinggalnya di pulau Madagaskar, Afrika.

Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Sesuai dengan namanya Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria) memiliki warna tubuh hijau dengan muka merah. Warna merah hanya terlihat pada separuh kepala bagian depan. Burung cinta muka merah merupakan jenis burung yang tidak pemalu. Mungkin banyak orang menyangka, dia termasuk tipe burung pemalu, namun sebenarnya Lovebird Muka Merah tidak demikian. Burung ini tinggal di wilayah pesisir pantai Afrika tengah hingga bagian barat Ethiopia.

Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)

Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)

Salah satu jenis burung cinta yang langka yakni Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana). Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna hitam pada serta lehernya memiliki warna kecoklatan. Untuk ukuran tubuhnya hampir sama dengan Lovebird Madagaskar yang cukup mini. Jika ingin bertemu dengan Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana), sobat dapat menemuinya khatulistiwa negara Afrika.

 Lovebird Pastel

Lovebird Pastel

Selain lovebird madagaskar, lovebird pastel merupakan salah satu jenis burung cinta yang memiliki warna soft dan cantik. Lovebird Pastel sering kali menjadi burung incaran para penggemar Lovebird. Karena warnanya yang sangat unik ini wajar saja jika banyak pecinta lovebird yang menginginkannya. Oh ya sobat kicau jika sobat menginginkan burung lovebird jenis ini sobat dapat mendapatkanya di negara Kita karena telah banyak pecinta kicau yang menyilangkannya mulai dari  Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), serta Lovebird Pastel Biru (Pasblue).

Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt memiliki warna biru yang hampir mirip dengan lovebird pastel. Namun jika lovebird pastel lebih soft maka warna lovebird cobalt warna birunya lebih terang yakni seperti warna telur asin. Lovebird cobalt ini memiliki warna yang variativ dari kepala hingga ekor sehingga membuatnya nampak lebih indah.

Lovebird Batman

Lovebird Batman

Ada lagi nih sobat jenis lovebird yang tak kalah unik yakni lovebird batman. Penampakan visual dari lovebird batman sangat mirip dengan manusia super yakni batman. Warna bulunya yakni kombinasi hitam dan abu-abu. Ketika burung ini terbang warnanya terlihat hitam pekat. Oleh karenanya wajar saja jika burung ini disebut dengan lovebird batman.

Lovebird Merah

Yuk kenalan dengan Lovebird Merah yang cantik ini. Untuk si merah cantik ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni sekitar 1 juta per ekornya. Lovebird merah sebenarnya adalah jenis burung cinta dari warna mutasi  Lovebird jenis lain.

Akan tetapi untuk mendapatkan burung lovebird merah sangat sulit. Biasanya burung lovebird merah memiliki kombinasi warna lain pada bulunya yakni kuning, orange dan juga putih sehingga sangat jarang ditemukan burung lovebird dengan warna merah solid.

Lovebird Albino

Lovebird Albino

Lovebird albino merupakan burung cinta unik dengan warna putih polos. Bagi beberapa orang justru menyukai burung jenis ini karena warnanya putih bersih sehingga enak dipandang mata. Lovebird albino ini tidak semahal lovebird merah yakni hanya sekitar Rp.700.000,- saja per ekor.

Lovebird Olive

Lovebird Olive

Burung Lovebird Olive ialah burung cinta dengan warna utama hijau. Lovebird olive terbagi menjadi tiga jenis yakni Hijau Standard (WildColour), Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau yang sering disebut dengan Olive. Oleh karena itu jika sobat memiliki Lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Lovebird Olive. Bagian warna hijau ini tidak menyelimuti keseluruhan tubuhnya, melainkan hanya bagian dada, sayap, dan punggung.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue atau yang disebut dengan lovebird Partial Blue (sebagian biru) merupakan jenis lovebird yang mempunyai warna bulu yang sebagian biru. Namun umumnya pada bagian kepala warnanya cukup kontras dengan warna birunya.

Kadang kala warna kepala lovebird partblue dapat berwarna kuning, orange, maupun putih. Burung jenis ini pertama kali dijumpai oleh Felix de Valle asal Amerika. Kemudian Lovebird Parblue dikembangkan ke daratan Eropa, sampai akhirnya dibawa ke Indonesia. Untuk jenis Lovebird Parblue yang paling terkenal dan fenomenal di dunia adalah Lovebird Fischer Parblue dan Lovebird Persotana Parblue.

Lovebird Blorok

Lovebird Blorok

Jenis burung cinta (labet) yang unik sekali adalah jenis Lovebird Blorok. Hal ini dikarenakan, Lovebird Blorok tidak dominan dengan warna tertentu. Ciri khasnya yakni totol atau brontok yang menghiasi bagian bulunya. Terdapat banyak sekali mutasi warna dari lovebird jenis ini sehingga sobat dapat memilihnya sesuai dengan warna yang dikehendaki.

Inilah macam dan jenis lovebird dengan perkiraan harganya. Semoga informasi yang kami sajikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa di Suaraburung.org yaa karena kami akan memberikan informasi menarik seputar tips dan trik merawat burung serta mp3 dan audio berbagai suara burung gacor. See You !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *