Cara Merawat Prenjak Bakalan Agar Tidak Mati

Cara Merawat Prenjak Bakalan – Burung prenjak saat ini sudah banyak dilirik oleh para pecinta kicau. Suara prenjak yang lantang, nyaring dan juga keras kemudian digunakan untuk memaster burung kicau lainnya. Kelebihan lainya yang dimiliki oleh prenjak adalah ia dapat menirukan suara burung lain.

Suara prenjak banyak diminati oleh pecinta kicau. Meskipun ukurannya sangat mini namun suaranya sangat indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Burung dengan paruh lancip dan lurus ini merupakan salah satu jenis burung yang sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Cara Merawat Prenjak Bakalan Agar Tidak Mati

Cara Merawat Prenjak Bakalan Agar Tidak Mati

Kelemahan dari prenjak anakan adalah sulitnya beradaptasi dengan lingkungan baru hingga kemudian membuatnya stress , tidak mau makan kemudian mati. Ini adalah salah satu kekurangan dan kesulitan dalam merawat prenjak khususnya prenjak bakalan.

Pada habitatnya prenjak hidup di semak belukar, alang-alang serta pekarangan rumah. Sehingga jika ingin merawat prenjak pastikan berikan ia lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya, sehingga kemungkinan berhasil dalam merawat prenjak cukup besar.

Dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan dalam merawat prenjak agar tidak mati. Burung yang termasuk rewel ini harus diberi perlakuan yang special. Untuk sobat pemula yang sedang merawat prenjak bakalan, kami akan secara khusus memberikan tips dan trik merawat prenjak agar tidak mati. Simak dengan seksama ya 🙂

Baca juga : Cara Merawat Burung Prenjak Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Prenjak Liar Tangkapan Hutan

Berikan Lingkungan yang Sepi dan Nyaman

Memberikan lingkungan yang sepi dan nyaman sangat penting bagi kelangsungan hidup prenjak, baik untuk prenjak kepala merah, prenjak lumut maupun jenis prenjak lainnya.

Gantung di Tempat Aman dan Jauh dari Gangguan

Setelah memilih tempat yang tepat serta nyaman bagi prenjak maka gantunglah sangkar ditempat tersebut. Pastikan lingkungan itu aman dari gangguan predator dan sejenisnya.

Tutup / Kerodong Kandang

Langkah selanjutnya adalah tutup dan kerodong kandang dengan kertas koran atau kertas lainnya.

Biarkan Prenjak Mandi Sendiri

Jika burung lain dimandikan agar cepat jinak dan gacor, berbeda halnya dengan burung prenjak. Biarkan ia mandi dengan sendirinya. Siapkan saja wadah dengan isi air agar ia dapat mandi sendiri.

Berikan Makanan yang Sesuai Dengan Habitatnya

Jangan terburu-buru untuk melatih makan voer. Berikan saja makanan yang sesuai dengan habitatnya dulu agar ia beradaptasi. Jika ia sudah beradaptasi barulah sobat mengajarkannya makan voer. Hal ini dilakukan agar burung prenjak peliharaan sobat tidak mati.

Perawatan Harian Prenjak

Jika keseluruhan langkah ini sudah dilakukan dan berhasil maka selanjutnya sobat dapat melakukan perawatan harian prenjak seperti pada umumnya.

Inilah informasi tentang cara merawat prenjak bakalan agar tidak mati. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat bagi kita semua ya 🙂 Sampai jumpa pada Suaraburung.org yang akan membagikan informasi menarik seputar burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *