Cara Merawat Lovebird Harian Agar Ngekek Panjang

Cara Merawat Lovebird Harian – Lovebird atau yang biasa disebut dengan labert (burung cinta) merupakan jenis burung sosial yang sangat imut. Tampilannya sangat cantik dan imut ini membuat burung cinta banyak digemari para kicau mania. Burung ini berukuran mini ini memiliki ukuran tubuh sekitar 15 cm dengan berat sekitar 50 gr.

Cara Merawat Lovebird Harian

Cara Merawat Lovebird Harian

Ciri khas serta keunikan dari burung ini yakni suara gacornya yang ngekek panjang. Untuk memiliki suara lovebird yang ngekek panjang diperlukan perawatan khusus dan juga perwatan harian yang tepat. Suara lovebird yang indah dan tampilannya yang sangat menawan membuatnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Apabila sobat ingin memelihara lovebird yang sudah gacor tentunya sobat harus merogoh kocek yang cukup dalam. Namun apabila sobat membeli yang masih bakalan harganya akan lebih murah. Akan tetapi merawat lovebird bakalan bukanlah hal yang mudah, sobat harus memberikan perawatan yang ekstra. Untuk sobat pemula yang ingin memelihara burung lovebird kami akan memberikan tips dan triknya.

Baca juga : Jenis Lovebird Berdasarkan Wana dan Harganya !

Cara Merawat Burung Lovebird Harian Biar Cepat Gacor

Berikut adalah beberapa tips dan trik harian burung lovebird agar cepat gacor dan ngekek panjang :

Rutin Memandikan Lovebird

Memandikan lovebird secara rutin dapat membuatnya cepat gacor dan ngekek panjang. Memandikan lovebird menjadi salah satu perawatan harian yang sangat ampuh bagi burung lovebird. Ketika memandikan lovebird sebaiknya sobat menyemprotnya hingga basah kuyup. Semprotkan mulai dari atas kepala burung agar tidak mengenai bagian mata ya 🙂

Penjemuran Lovebird

Setelah memandikan lovebird, langkah yang penting selanjutnya adalah ritual penjemuran. Penjemuran terbaik dilakukan pada pagi dan sore hari yakni pukul 07.00 hingga pukul 09.00 pagi, sedangkan pada sore hari, waktu terbaiknya adalah pukul 16.00 hingga pukul 17.00 sore.

Gantung dan Angin-anginkan Lovebird

Untuk mengatasi penurunan suhu yang drastis setelah dijemur, sebaiknya lovebird diangin-anginkan terlebih dahulu supaya burung lovebird beradaptasi dengan suhu di lingkungannya. Peralihan suhu yang sangat drastis akan berdampak buruk bagi kesehatannya, oleh karena itu mengangin-anginkan burung merupakan langkah yang sangat penting.

Setelan Pakan Lovebird yang Bervariasi

Pakan lovebird memiliki pengaruh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup lovebird serta mempengaruhi suara burung lovebird. Jika menggunakan setelan pakan yang pas dan benar, maka burung lovebird kesayangan anda akan lekas gacor.

Berikan pakan yang bervariasi kepada burung cinta agar ia tidak merasa bosan dengan pakan yang monoton. Jika pemberian pakan lovebird tidak tepat dapat mengakibatkan terjadinya obesitas atau macet bunyi.

Memberikan EF (Ekstra Food)

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi burung lovebird, sobat dapat memberikannya ekstra food. Pemberian ekstra food juga harus diperhatikan agar tidak terjadi over birahi.

Memberikan Sayuran dan Buah

Selain kebutuhan protein, burung juga membutuhkan vitamin, untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya, sobat harus memberikan sayuran dan buah. Buah dan sayuran yang dapat sobat berikan diantaranya jagung muda, tauge, dan juga kangkung.

Pemberian Multivtitamin

Pemberian mulitivitamin juga dianjurkan untuk lovebird karena berfungsi untuk menjaga stamina lovebird agar tetap prima dan sering berkicau. Memberikan multivitamin dapat dilakukan melalui minuman maupun makanan burung. Namun perlu diingat ya sobat, pemberian doping atau multivitamin tidak boleh berlebihan karena susuatu yang berlebihan juga akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan lovebird.

Inilah informasi tentang perawatan harian lovebird terbaik yang dapat kami berikan. Semoga tips dan trik merawat burung yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi para kicau mania yaa 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Suaraburung.org 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *