Cara Merawat Kacer Mabung Pertama

Posted on

Cara Merawat Kacer Mabung – Ketika merawat burung kacer pasti tidak akan selalu berjalan dengan mulus. Kadang kala sobat pecinta kicau juga menemui banyak kendala. Salah satunya adalah ketika burung kacer mengalami mabung atau perontokan bulu.

Ketika anda merawat seekor burung maka anda tidak akan terlepas dari kondisi ini sehingga sobat harus mengetahui cara yang tepat merawat kacer mabung pertama agar cepat selesai dan tuntas.

Cara Merawat Kacer Mabung yang Benar

Cara Merawat Kacer Mabung Pertama Agar Cepat Selesai dan Tuntas

Burung kacer dapat bersuara gacor maksimal apabila kondisinya dalam performa yang baik. Namun pada saat tertentu seperti ketika mabung ia tidak dapat bersuara gacor dikarenakan kondisinya yang sedang lemah. Oleh karena itu pemilik harus membantu proses mabung agar lebih cepat supaya kondisinya kembali fit.

Jika keadaan mabung pada burung kacer ini tidak diatasi dengan baik dan tuntas maka akan dapat menimbulkan banyak masalah, macet bunyi, bulu-bulunya menjadi kusam dan susah dicopot. Karenanya sobat tidak boleh asal-asalan ketika merawat burung kacer yang sedang mabung.

Berdasarkan beberapa referensi disebutkan pula bahwa ketika burung kacer sedang mengalami kerontokan bulu tidak boleh sering dimandikan atau dijemur karena akan menyebabkan bulu-bulunya menjadi alot, sulit untuk rontok,  atau disebut dengan istilah ngurak.

Perawatan Kacer Mabung Pertama

Untuk mengatasi dan merawat kacer mabung pertama, mimin akan memberikan beberapa tips dan trik supaya mabungnya lekas tuntas dan dapat membuatnya kembali bersuara gacor. Untuk mendapatkan suara kacer gacor segera lakukan perawatan mabung dibawah ini supaya lekas tuntas ya 🙂

Berikan Tempat yang Nyaman dan Tenang

Hal pertama yang wajib dilakukan ketika kacer anda sedang mengalami perontokan bulu adalah dengan mulai memisahkannya dan menempatkannya pada lingkungan yang nyaman dan tenang. Tempat yang nyaman dan tenang akan membuatnya lebih fokus pada proses mabungnya sehingga akan lebih cepat tuntas.

Beri Kerodong

Memberikan kerodong pada sangkar kacer akan membuatnya lebih cepat dalam proses mabungnya. Hal ini dikarenakan ia tidak sering berbunyi sehingga ia lebih fokus mabung. Karena apabila kacer sering berkicau maka akan membuatnya lebih sulit untuk merontokan bulu. Sesekali cek dan beri makanan serta minuman pada sangkarnya.

Stop Penjemuran Selama Mabung

Sudah mimin sebutkan bahwa kegiatan dan aktivitas mandi dilarang bagi kacer yang sedang mabung. Begitupula dengan penjemuran. Sangat tidak direkomendasikan untuk memandikan dan menjemur kacer dalam kondisi ini karena akan membuat bulunya alot dan sulit untuk copot/rontok. Hindarkan kegiatan ini hingga ia menumbuhkan bulu-bulu jarumnya.

Memberikan EF (Ekstra Food)

Memberikan ektra food (EF) akan membuatnya lebih bertenaga. Sehingga sangat dianjurkan untuk memberikan ektra food berupa jangkrik maupun kroto pada burung kacer kesayangan sobat. Berikan EF lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Kegiatan ini akan memberikan dampak yang baik pada proses mabung dan akan membuatnya lebih cepat tuntas.

Memaster Kacer

Saat bulu jarum mulai tumbuh mulailah untuk memaster kacer. Pada saat ini burung lebih sering diam dan mendengar sehingga waktu-waktu inilah menjadi saat yang tepat bagi sobat untuk memaster burung kacer agar gacor dengan cepat.

Apabila sobat mengidamkan suara kacer gacor maka sebaiknya lakukanlah tips cara merawat kacer yang benar yang telah kami uraikan diatas yaa 🙂 Semoga informasi yang telah Suaraburung.org bagikan ini dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang merawat burung kacenya ya. Sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *