Cara Merawat Anakan Burung Kenari

Posted on

Cara Merawat Anakan Burung Kenari – Hai para pecinta kenari, jumpa lagi nih dengan Suaraburung.org , pada kesempatan yang baik ini mimin akan mengulas artikel terkait cara merawat anakan burung kenari beserta beberapa informasi lainya lengkap dengan penjelasan. Bagi anda yang tengah merawat burung kenari wajib banget untuk menyimak artikel ini supaya dapat memiliki suara kenari gacor.

Bagi para pemula yang belum tahu banyak tentang kenari umunya mereka ingin mengetahui tentang cara merawat anakan kenari agar tidak mati, cara meloloh anakan kenari umur 1 hari. cara merawat anakan kenari umur 1 minggu, pakan anakan kenari agar cepat besar, bubur untuk anakan kenari, anakan kenari umur 25 hari, anakan kenari mulai makan sendiri dan cara hand feeding kenari. Untuk itu mimin akan memberikan tips dan trik merawat kenari bagi pemula khusus kepada sobat.

Cara Merawat Anakan Burung Kenari

Cara Merawat Anakan Burung Kenari

Memiliki kenari dengan suara gacor dan nembak panjang menjadi idaman para pecinta burung. Namun untuk memiliki kenari dengan segala kelebihan tersebut membutuhkan proses yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. Jika membelinya ketika ia sudah gacor maka harganya akan sangat mahal, berbeda jika memelihara dan mengembangbiakan sendiri. Namun untuk mengembangbiakan burung kenari dibutuhkan keahlian dan ketlatenan.

Dalam proses perkembangbiakan burung kenari biasanya setelah bertelur ia akan mengerami telurnya selama 14 hari dan kemudian hingga ia menetas. Setelah menetaskan telurnya maka pada fase inilah dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan. Umumnya para indukan akan mulai memberi makan atau melolohi anakanya setiap 1 jam setelah piyik/anakan menetas dari cangkangknya. Hal ini akan terjadi secaca kontinyu, oleh karena itu sobat harus memberikan pakan yang sesuai untuk anakan kenari. Berikut adalah tips dan trik merawat anakan kenari dari mulai 1 hari hingga ngekek.

Cara Merawat Anakan Burung Kenari Agar Tidak Mati

Telur Puyuh Rebus

Untuk asupan protein pada anakan sobat dapat memberikan telur rebus. Selain teksturnya yang cukup mudah dicerna oleh piyik, telur puyuh mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk anakan kenari. Berikan telur puyuh rebus pada pagi siang dan sore hari.

Hindari Pemberian Sayur

Pemberian sayur pada indukan setelah menetas tidak dianjurkan. Beberapa sayuran memilii tekstur yang cukup keras sehingga akan sulit dicerna oleh anakan kenari. Karenanya tidak dianjurkan untuk memberikan sayuran kepada kenari yang masih piyik.

Egg Food

Egg food atau makanan yang berbahan telur yang telah diolah memiliki fungsi yang hampir sama dengan telur puyuh yakni sebagai salah satu sumber protein bagi anakan. Makanan ini juga dapat digunakan sebagai asupan nutrisi bagi anakan agar ia cepat tumbuh.

Biji-bijian

Selanjutnya pakan yang dapat anda berikan kepada anakan burung kenari adalah biji-bijian. Biji-bijian yang diberikan pada kenari dapat direbus dahulu maupun langsung saja diberikan kepada anakan. Apabila ingin diolah terlebih dahulu maka sobat dapat merebusnya. Setelah itu biarkan dingin dan simpan kedalam kulkas/lemari es. Apabila teksturnya sudah keras sobat dapat memberikannya kepada indukan kenari supaya dilolohkan kepada anakannya.

Multivitamin

Selain membutuhkan gizi yang cukup, anakan kenari juga membutuhkan vitamin seimbang. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin anakan kenari sobat dapat memberinya multivitamin. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan pada makanan atau minuman si piyik kenari.

Sekian artikel terkait perawatan anakan kenari yang dapat kami sampaikan. Semoga tips dan trik merawat burung yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi sobat yang tengah memelihara burung kenari yaa 🙂 Simak terus artikel yang akan kami update setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *