Cara Menjinakan Prenjak Kepala Merah Liar

Cara Menjinakan Prenjak Kepala Merah – Seiring berjalannya waktu, burung prenjak kian diminati oleh para pecinta kicau. Burung prenjak memiliki suara yang indah dan lantang. Suara keras khas prenjak menjadi daya tarik tersendiri. Bagi sobat yang ingin memelihara burung prenjak sebagai burung kicaunya, sobat dapat membelinya di kios-kios atau dapat menangkap sendiri dihabitatnya.

Cara Menjinakan Prenjak Kepala Merah Liar

Cara Menjinakan Prenjak Kepala Merah Liar

Baik memperoleh dengan cara membeli maupun dari hasil tangkapan hutan, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi sobat pemula yang ingin memelihara burung prenjak kepala merah hasil tangkapan hutan, sobat harus menjinakanya terlebih dahulu.

Menjinakan prenjak kepala merah liar bukanlah hal yang mudah, diperlukan ketlatenan dan kesabaran serta trik yang tepat khususnya bagi pemula. Nah untuk mengatasi hal ini, mimin akan memberikan tips dan trik cara menjinakan prenjak  kepala merah liar.

Baca juga :

Cara Merawat Prenjak Tangkapan

Makanan yang Sesuai

Ketika sobat akan memelihara burung prenjak, sobat harus lebih dulu faham tentang makanan apa yang cocok untuk burung jenis ini. Supaya dapat menentukan dengan tepat cara perawatannya. Berikan makanan yang sesuai dengan habitat aslinya.

Burung prenjak kepala merah memakan ulat, serangga dan hewan kecil lainnya. Oleh karena jika ingin menjinakkanya sebaiknya berikan ia makanan tersebut. Sebaiknya jangan paksakan untuk makan voer terlebih dahulu agar ia tidak stress.

Letakan di Tempat Tenang dan Aman

Ketika pertama kali membawa burung prenjak kepala merah liar sebaiknya sobat tempatkan ia di tempat tenang dan juga aman. Jangan lupa untuk memberikan kerodong pada bagian luar sangkar agar ia beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya.

Selain tempat yang tenang dan sunyi, tempat yang aman juga diperlukan agar prenjak lebih cepat menyesuaikan diri. Jauhkan sangkar dari jangkauan hewan, manusia dan juga anak-anak agar ia tidak gampang kaget.

Berikan Makanan dengan Tangan

Setelah dirasa kondisi burung tenang, langkah selanjutnya adalah melakukan pendekatan dan interaksi dengan burung anda. Berikan ia makanan dengan menggunakan tangan agar terjadi ikatan emosional dengan si burung. Lakukan dengan telaten hingga burung anda jinak.

Memandikan Prenjak

Merawat prenjak kepala merah terbilang gampang-gampang susah. Terdapat trik khusus supaya burung prenjak kesayangan sobat menjadi lekas jinak dan gacor salah satunya adalah dengan memandikannya. Proses memandikan prenjak juga tidak boleh sembarangan.

Pada awal prenjak datang kerumah dan menyesuaikan diri maka tidak dianjurkan memandikan prenjak karena akan membuatnya stress. Berikan saja tempat atau wadah dengan isi air agar ia dapat mandi dengan sendirinya. Setelah dinilai si prenjak terbiasa dengan lingkungan barulah sobat dapat memandikanya dengan menggunakan semprotan. Biasanya butuh satu minggu lamanya untuk prenjak dapat beradaptasi dan nyaman dengan lingkungannya.

Penjemuran

Setelah proses pemandian, langkah selanjutnya adalah menjemur burung kesayangan anda dibawah sinar matahari. Waktu penjemuran terbaik yakni pada pukul 07.00 hingga 09.00 pagi.

Gantung dan Angin-anginkan

Setelah proses penjemuran, jangan langsung memasukan burung ke dalam rumah karena suhu di bawah terik matahari dan suhu di dalam rumah sangat berbeda jauh. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan burung. Gantung dan angin-anginkan terlebih dahulu selama 15 menit agar burung dapat menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

Lakukan tips dan trik ini setiap hari agar burung kesayangan anda lekas jinak. Sampai jumpa lagi pada artikel tips dan trik merawat burung hanya di Suaraburung.org ya 🙂 Kami selalu menunggu kunjungan anda !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *