Cara Mengembalikan Suara Kenari yang Serak dan Hilang

Posted on

Cara Mengembalikan Suara Kenari yang Serak – Merawat burung kenari terbilang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah ahli tentunya tidak sulit, namun bagi pemula terkadang mengalami kesulitan ketika merawat burung kenari. Tak jarang para pemula menemukan kendala seperti suara kenari yang serak dan hilang. Bagaimana sih cara mengembalikan suara kenari yang hilang ? Jika sobat sedang mengalami masalah ini sebaiknya simaklah tips dan trik mengembalikan suara kenari yang hilang dalam sehari.

Cara Mengembalikan Suara Kenari yang Hilang

Cara Mengembalikan Suara Kenari Yang Hilang

Suara kenari yang khas dan unik sehingga banyak sekali para pecinta burung kicau yang tertarik merawat burung kenari. Para kenari mania tentunya menginginkan suara kenari gacor dengan durasi panjang, namun banyak dari mereka yang mengeluhkan bahwa suara kenari tiba-tiba serak bahkan hilang.

Biasanya suara burung kenari yang serak dan hilang ditandai dengan suara yang mulai mengecil, serak dan kemudian hilang. Suara kenari yang serak ini disebabkan karena adanya penyumbatan yang terjadi pada area tenggorokan/organ vocal yang disebut dengan syrinx.

Tanda-tanda Burung yang Suaranya Akan Hilang

Secara umum suara burung yang akan hilang akan menampakkan gejala seperti :

Hilangnya Suara Burung

Terjadinya penyumbatan pada syrinx menyebabkan hilangnya suara burung kenari. Ketika terjadi penyumbatan pada saluran pernafasan atau bronkus maka otomatis suara burung juga tidak dapat keluar dengan baik sehingga tidak dapat berkicau. Hal ini biasanya disebabkan karena penumpukan partikel dari pakan yang berupa kulit dariĀ  biji-bijian. Jika tidak segera diatasi, masalah ini dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan burung bahkan dapat menyebabkan kematian karena mati lemas.

Terjadinya Perubahan Suara

Terdapat beberapa gejala dari hilangnya suara burung kenari gacor diantaranya adalah terjadinya perubahan mulai dari suaranya mengecil, sering mendecit, kemudian serak dan hilang. Jika sobat mengalami masalah seperti ini maka sobat harus segera menanganinya dengan baik.

Penyebab Suara Burung Kenari Hilang dan Serak

Berikut adalah beberapa penyebab hilangnya suara burung kenari :

  • Penyumbatan karena partikel : biji, kulit.
  • Infeksi Bakteri dan Jamur
  • Pembengkakan Kelendar Tiroid (penyakit gondok)

Cara Mengembalikan Suara Kenari yang Hilang

Untuk dapat dengan mudah mengembalikan suara kenari yang hilang, sobat harus mengetahui terlebih dahulu penyebab suara kenari yang hilang supaya dapat memberikan penanganan yang tepat. Berikut adalah cara mengatasi kenari berkicau tapi tidak mengeluarkan suara.

  • Berikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi si burung.
  • Jika hilangnya suara burung disebabkan karena gangguan saluran pernafasan, maka sobat dapat memberikan BirdTwitter secara rutin. BirdTwitter mengandung zat antiparasit yang dapat menyembuhkan penyakit pada burung kesayangan anda.
  • Jika burung bersuara serak disebabkan karena terinfeksi tungau KU atau peradangan maka sobat dapat mengatasinya degan cara mengoleskan BirdFresh pada tengkuk kiri-kanan burung tersebut. BirdFresh memiliki kandungan bahan aktif antiparasi yang akan membuatnya menjadi kembali berkicau.
  • Berikan makanan tambahan (EF) seperti jangkrik, serangga, belalang dan kroto supaya menambah asupan protein bagi tubuh burung.
  • Jangan memandikan dan menjemur burung ketika dalam proses penyembuhan.
  • Berikan air mineral yang sehat dan gantilah minumnya secara berkala.
  • Berikan buah dan sayuran untuk memberikan nutrisi agar kondisi burung lekas membaik.
  • Jaga kebersihan lingkungan, sangkar, tempat makan dan minum supaya bakteri dan penyakit tidak dapat berkembang biak.

Demikian informasi tentang cara mengembalikan suara burung yang hilang. Semoga artikel yang Suaraburung.org bagikan ini dapat bermanfaat bagi para pecinta kenari. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *