Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi – Burung kacer sering kali dijadikan burung kontes. Banyak sekali ajang lomba dan kontes yang diadakan bagi burung kicau jenis kacer. Burung ini memiliki mental petarung yang handal sehingga wajar saja burung satu ini menjadi salah satu favorit dan memiliki harga jual yang tinggi.

Biasanya pemilik kacer akan memberikan doping ketika akan menjalani kontes agar meningkatkan stamina serta membuat kacer bunyi terus menerus. Tak jarang juga kacer diperdengarkan suara kacer betina pemanggil jantan supaya meningkatkan birahinya.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Namun pada kondisi tententu misalnya setelah kontes akan sangat sulit untuk menangani masalah kacer over birahi. Kecer yang over birahi biasanya cenderung galak dan juga emosinya tidak stabil. Jika tidak diatasi dengan baik hal ini bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan selama merawat kacer. Maka pemilik harus belajar banyak hal dalam merawat kacer kesayangannya. Salah satu hal yang tak boleh ketinggalan untuk dipelajari adalah cara mengatasi kacer over birahi, kacer over birahi dan galak, mengatasi kacer over emosi, kacer birahi rendah, ciri ciri kacer over emosi, video kacer birahi, suara kacer birahi, buah untuk menurunkan birahi kacer, dan juga cara menaikan birahi kacer.

Oleh karena itu mimin akan memberikan informasi cara mengatasi kacer over birahi dengan cepat dan tepat agar sobat tidak bingung memikirkan hal ini. Berikut adalah cara cepat untuk mengatasi kacer over birahi :

Embunkan di Pagi Hari

Untuk dapat menurukan over birahi pada burung kacer sobat dapat mengembun-embunkannya di pagi hari. Mengembunkannya dipagi hari secara rutin dapat menurunkan over birahinya.

Stop Pemberian Kroto

Apabila burung kacer sobat sedang mengalami kondisi over birahi harap untuk berhenti memberikan kroto. Pada saat burung kacer masa birahi ini, pemberian kroto lebih baik dihentikan. Kacer memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dalam kondisi demikian tidak baik bagi kacer karena dapat meningkatkan birahi.

Kurangi Pemberian Jangkrik

Sama halnya dengan kroto yang mengandung banyak protein, jangkrik juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Untuk itu kurangi pemberian jangkrik pada kacer yang sedang over birahi. Apabila pemberian jangkrik terus dilakukan maka kondisi birahi akan sulit untuk diatasi.

Untuk itu pada masa ini kurangilah pemberian jangkrik secara rutin dari hari ke hari dengan bertahap. Jika kondisi birahi kacer tidak kunjung berhenti, maka pemberian jangkrik bahkan dapat dihentikan.

Berikan Ulat Bambu

Pemberian jangkrik dan kroto tidak dianjurkan ketika kacer sedang emosi dan birahi. Begitu pula dengan cacing dan ulat bambu. Pemberian cacing dan ulat bambu tidak dianjurkan. Sobat dapat memberikanya dalam waktu sekali dalam seminggu saja. Oleh karena itu jangan memberikan ulat bambu  dan cacing jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan konstipasi pada burung kacer.

Ganti Voer Protein Rendah

Apabila sobat biasa memberikan voer protein tinggi maka sebaiknya mulai untuk memberikan makan dengan voer protein rendah. Gunakan voer dengan kandungan 14 % atau sedikit diatasnya. Voer dengan protein tinggi akan membuat masa birahi kacer lebih lama.

Tambah Frekuensi Mandi

Menambah frekuensi mandi dapat juga mempercepat proses burung over birahi. Jadi jika sobat biasanya memandikan burung kesayangan anda 2 kali dalam seminggu, maka sobat dapat menambah frekuensi mandinya supaya ia lekas sembuh.

Demikian tips dan trik tentang cara mengatasi kacer over birahi. Agar birahi cepat selesai dan tuntas sebaiknya gunakan tips yang telah Suaraburung.org bagikan ya 🙂 Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *