Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu

Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu – Salam jumpa sobat Suaraburung.org senang sekali rasanya dapat terus menyapa sobat dengan suara burung kenari gacor serta berbagai tips dan trik merawat burung kenari. Di hari yang baik ini mimin tak akan melewatkan kesempatan untuk berbagi tips atau cara mengatasi burung kenari cabut bulu.

Pasti banyak sekali sobat yang bertanya tanya bagaimana sih cara merawat burung kenari cabut bulu, mengapa kenari mencabuti bulu nya, penyebab kenari mencabuti bulunya, bagaimana cara mengatasi burung cabut bulu, kenari cabut ekor, mengapa pleci cabuti bulu sendiri, bagaimana cara membuat ramuan lovebird cabut bulu, cara mengatasi burung ciblek cabut bulu, dan apa saja obat burung cabut bulu. Bagi sobat yang penasaran tentang hal-hal tersebut kami akan mengulaskannya secara rinci kepada sobat mulai dari penyebab hingga solusinya. Simak dengan seksama yaaa 🙂

Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu

Cara Mengatasi Burung Kenari Cabut Bulu

Sebenarnya fenomena kenari cabut bulu sendiri setelah mandi merupakan kejadian umum yang seringkali ditemui para pecinta burung kenari. Perilaku ini biasanya menjadi sebuah pertanda bahwa kondisi burung kenari kesayangan anda sedang dalam kondisi yang kurang baik. Bisa disebabkan karena mental sedang drop, stress, atau karena kondisi burung yang sedang tidak fit/sakit.

Tidak hanya jenis burung kenari saja yang mengalami masalah ini, hampir semua jenis burung mulai dari burung kicau hingga burung jenis paruh bengkok sering mengalaminya. Karenanya jika sobat sedang mengalami masalah ini sebaiknya tidak usah khawatir karena kami akan memberikan solusinya.

Penyebab & Cara Mengatasi Kenari Mencabuti Bulunya

Berikut adalah beberapa faktor penyebab kenari mencabuti bulunya :

Iritasi Kulit dan Bulu

Penyebab utama burung kenari mencabuti bulunya adalah disebabkan karena adanya iritasi. Iritasi kulit dan bulu biasanya diakibatkan karena tungau, bakteri, virus, atau jamur. Jika kenari anda mencabuti bulunya dikarenakan hal ini maka sobat dapat menggunakan freshaves selama 2 kali dalam seminggu. Lakukan perawatan ini hingga kondisi burung anda membaik ya.

Kekurangan Gizi

Masalah kedua dapat disebabkan karena kekurangan gizi. Kekurangan gizi dapat memberikan dampak pada burung diantaranya burung nyilet/kurus, bahkan dapat mencabuti bulunya sendiri. Diperlukan keseimbangan gizi antara vitamin dan mineralnya.

Jika sobat memberikan pakan dengan kandungan gizi yang tidak seimbang dapat membuat pertumbuhan bulunya menjadi jelek, kulitnya mudah terkelupas sehingga menjadikanya infeksi dan menimbulkan gatal sehingga menjadikan bulunya mudah rontok.

Kondisi Mental dan Fisik

Ketika burung kenari mengalami masalah mental yang kurang baik hingga drop maka ia biasanya akan mengalami banyak masalah seperti macet bunyi, tidak mau duduk ditangkringan, stress, tidak tenang dan gelisah, hingga merontokan bulunya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memberikanya pasangan, memberikan mainan/hiburan, serta memberikan variasi terhadap makanannya supaya ia tidak merasa bosan.

Masalah Hormonal

Diantara banyak sekali penyebab, masalah hormonal juga dapat menjadi faktor kenari cabut bulu. Biasanya masalah hormonal berpengaruh pada hormon hiperteroid. Masalah hormonal juga dapat menjangkiti burung seperti penyakit addison. Masalah hormonal dapat membuat burung kenari merasa gatal pada bagian pangkal bulu dan permukaan kulit burung kenari.

Terserang Penyakit Dalam

Penyakit dalam seperti Giardia atau giardiasis dapat menyebabkan burung kenari cabut bulu. Hal ini disebabkan oleh infeksi dari mikroorganisme dalam usus kenari yang menyebabkan menjadi gatal sehingga ia mencabuti bulunya.

Jika masalah kenari cabut bulu sudah diketahui faktor penyebabnya, maka sobat dapat mengatasinya dengan berbagai tips dan trik yang kami berikan. Semoga artikel ini dapat membantu masalah sobat yaa dan semoga keadaannya lekas membaik. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya di suaraburung.org 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *