Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina

Posted on

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina – Bagi pemula yang hendak memelihara burung kacer, perlu dilakukan pemilihan dari jenis kelamin. Pemilihan jenis kelamin penting dilakukan karena antara burung kacer jantan dan betina memiliki suara yang berbeda. Hanya jenis kacer jantan lah yang dapat bersuara gacor.

Tidak hanya dari segi suara saja, dari segi visual bulu kacer jantan pun nampak lebih indah. Secara fisik, burung kacer betina lebih lemah dibandingkan dengan burung kacer jantan. Oleh karena itu apabila sobat hendak memelihara burung kacer, akan lebih baik sobat memilih jenis kacer jantan dibandingkan dengan kacer betina.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina

Bagi para pecinta kacer pemula, membedakan burung kacer jantan dan betina akan cukup sulit. Terlebih lagi jika kacer yang akan dipelihara masih memiliki umur yang sangat kecil atau yang biasa disebut dengan kacer bakalan.  Perbedaan dari segi warna bulu dan juga paruh akan terlihat ketika kacer berumur 1 bulan. Pada umur 1 bulan lebih perbedaan akan terlihat cukup mencolok dan cukup mudah untuk dibedakan.

Memilih jenis kelamin burung kacer juga bertujuan untuk mempermudah perawatan dan menyesuaikan settingan masteran agar mempermudah bagi para kicau mania yang merawatnya. Bagi sobat yang belum bisa membedakan jenis kelamin burung kacer, maka mimin akan memberikan cara membedakan burung kacer jantan dan betina.

Perbedaan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Fisik

Jika dilihat dan diperhatikan dari segi fisiknya, berikut adalah beberapa perbedaan kacer jantan dan betina :

Kepala

Perbedaan jenis kelamin terlihat sangat mencolok pada bagian kepala. Pada kacer betina bentuk kepala yang bulat dan berisi. Sedangkan pada jenis kacer jantan bentuk kepala terlihat datar dan cepak.  Untuk bagian kepala jelas terlihat perbedaannya. Untuk betina memiliki kepala yang bulat dan terlihat berisi. Berbeda dengan jantan yang memiliki kepala berbentuk datar atau cepak. Kepala burung kacer jantan dapat menjadi suatu ciri kacer jantan yang bagus dan memiliki suara yang gacor.

Paruh

Perbedaan kacer jantan dan betina dewasa juga dapat ditentukan dari bentuk paruh dan warna paruh burung kacer. Dari bentuknya, kacer jantan dan betina sama-sama memiliki paruh berbentuh huruf V. Jika dilihat dari warnanya, kacer jantan memiliki warna hitam pekat. Sedangkan warna paruh betina berwarna abu-abu dan terlihat hitam memudar.

Dada

Tidak hanya dari segi kepala dan paruh saja, perbedaan jenis kelamin juga dapat terlihat dari bentuk dada burung kacer. Pada burung kacer jenis kelamin jantan dadanya cenderung lebih besar dan membusung kedepan. Pada kacer betina dadanya tidak terlalu besar. Warna bulu bagian dada jantan dan betina juga memiliki perbedaan, warna bulu dada lebih hitam pekat. Sedangkan warna dada burung kacer betina lebih ke abu-abuan.

Punggung

Perbedaan mencolok terlihat pada bagian punggung, jika burung jantan terlihat lebih besar, panjang, dan lebar. Untuk betinanya, ukuran punggung lebih kecil dengan warna abu-abu.

Ukuran Tubuh

Secara keseluruhan, ukuran tubuh burung kacer dengan jenis kelamin jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Jika dilihat perbedaan ukuran tubuh akan sangat terlihat ketika burung kacer pada usia 1 atau 2 tahun.

Kaki

Kaki kacer juga dapat dijadikan patokan untuk membedakan antara kacer jantan dan betina. Bentuk kaki kacer jantan lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan dengan si betina. Warna kaki burung kacer dan betina memiliki warna yang sama yakni abu-abu. Kaki burung kacer betina lebih kecil dan pendek menyesuaikan dengan bentuk tubuh burung kacer betina yang besar dan bulat.

Dubur

Selain dari beberapa hal diatas, perbedaan burung kacer jantan dan betina dapat dilihat dari duburnya. Bagian dubur jantan terlihat lebih kecil namun memanjang. Namun untuk kacer betina duburnya terlihat besar dan juga lebar.

Perbedaan Kacer Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

Jika diperhatikan secara seksama, perbedaan kacer jantan dan betina dapat dilihat dari tingkah lakunya. Berikut adalah perbedaan kacer jantan dan betina jika diliahat dari tingkah lakunya.

Suara

Perbedaan sangat terlihat dari segi suaranya. Suara kacer jantan terdengar lebih keras, gacor, dan biasanya memiliki durasi lebih panjang. Oleh karena itu, kacer jantan lebih banyak disukai oleh para kacer mania. Suara kacer jantan akan lebih bervariasi dan gacor jika diisi dan dimaster dengan suara kacer gacor.

Kelincahan

Ketika sedang birahi burung kacer biasanya akan lebih terlihat. Pada kacer jantan memiliki lebih banyak energi dan terlihat lebih lincah. Dari segi fisiknya, burung jantan juga lebih kuat.

Agresif

Tingkah laku burung kacer biasanya dapat dilihat ketika ia sedang mengalami birahi, ia akan terlihat sangat agresif. Pada saat-saat tertentu, seperti ketika sedang giras, birahi tinggi, sedang mabung, stres, dan lainnya burung kacer jantan akan telihat lebih agresif dibadingkan dengan si betina. Pada saat penjodohan dan masa kawin inilah sobat akan dengan mudah membedakan mana kacer jantan dan mana kacer betina.

Cara Berdiri

Membedakan kacer jantan dan betina dapat dilihat melalui cara berdirinya. Seekor kacer jantan akan  terlihat membusungkan dada, tegap, ramping, dan tinggi ketikan sedang berdiri tegap. Untuk kacer betina postur tubuhnya  bulat dan besar sehingga ketika ia berdiri akan terihat perbedaan tinggi antara kacer jantan dan betina. Ketika sedang disandikan, kacer jantan akan lebih sering berdiri tegak dibandingkan betina seolah-olah dia sedang mengintai sesuatu dari atas untuk menjaga betinanya.

Inilah beberapa perbedaan kacer jantan dan betina jika dilihat dari fisik dan tingkah lakunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat yang ingin memelihara kacer. Simak terus informasi menarik seputar burung kicau di Suaraburung.org yang akan kami update setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *